SIKLUS Climbing Competition merupakan kompetisi panjat dinding tingkat Jawa Timur yang akan diadakan pada tanggal 18 – 22 Apri 2014. Kegiatan ini diadakan oleh PLH SIKLUS ITS dan bertempat di Climbing Wall PLH SIKLUS ITS. Lomba ini terbuka untuk kategori LEAD UMUM putra & putri, MAPALA Putra, dan UNDER 19 TH Putra & Putri.

Selain itu juga, akan ada peringatan hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Dalam peringatan hari bumi ini akan diadakan orasi di beberapa ruas jalan di Surabaya serta pembagian bibit pohon untuk para pengguna jalan.

 

Untuk mekanisme Pendaftaran SIKLUS CLIMBING COMPETITION dapat dilihat di Gambar berikut


1. Pemberian bibit pohon disertai orasi

Kegiatan pemberian bibit pohon kepada para pengguna jalan di sekitar Jalan Kertajaya Indah Surabaya disertai orasi bersama anggota PLH SIKLUS ITS dan para peserta lomba panjat dinding yang bertema pelestarian pohon di lingkungan sekitar guna mengurangi efek global warming. Aksi ini diawali dengan berjalan kaki dari kampus ITS Surabaya menuju lokasi kegiatan. Kegiatan orasi tersebut juga dibarengi aksi teatrikal dengan maskot yang unik serta poster-poster yang menyuarakan tentang efek global warming akibat ulah manusia.

2. Lomba Panjat Dinding

Kegiatan perlombaan panjat dinding dengan standart yang ditetapkan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) yang dibagi menjadi 5 kategori yaitu :

a. Lead Mahasiswa Putra

Berupa kompetisi yang dalam kategori ini dapat diikuti oleh mahasiswa putra dan atlet panjat dinding se-Jawa Timur. Dalam kompetisi ini diawali dengan melakukan pemanjatan dari bawah (leading) hingga batas kemampuan peserta, peserta akan diamankan dari bawah menggunakan sistem belay, dan peserta harus mengaitkan pengaman secara berurutan pada titik-titik pengaman (quickdraw).

b. Lead Mahasiswa Putri

Berupa kompetisi yang dalam kategori ini dapat diikuti oleh mahasiswa putri dan atlet panjat dinding se-Jawa Timur. Dalam kompetisi ini diawali dengan melakukan pemanjatan dari bawah (leading) hingga batas kemampuan peserta, peserta akan diamankan dari bawah menggunakan sistem belay, dan peserta harus mengaitkan pengaman secara berurutan pada titik-titik pengaman (quickdraw).

c. Lead Under 19 Putra

Berupa kompetisi yang dalam kategori ini dapat diikuti oleh pelajar putra Sekolah Menengah Pertama (SMP) / sederajat dan pelajar putra Sekolah Menengah Atas (SMA) / sederajat dan atlet panjat dinding se-Jawa Timur. Dalam kompetisi ini diawali dengan melakukan pemanjatan dari bawah (leading) hingga batas kemampuan peserta, peserta akan diamankan dari bawah menggunakan sistem belay, dan peserta harus mengaitkan pengaman secara berurutan pada titik-titik pengaman (quickdraw).

d. Lead Under 19 Putri

Berupa kompetisi yang dalam kategori ini dapat diikuti oleh pelajar putri Sekolah Menengah Pertama (SMP) / sederajat dan pelajar putri Sekolah Menengah Atas (SMA) / sederajat dan atlet panjat dinding se-Jawa Timur. Dalam kompetisi ini diawali dengan melakukan pemanjatan dari bawah (leading) hingga batas kemampuan peserta, peserta akan diamankan dari bawah menggunakan sistem belay, dan peserta harus mengaitkan pengaman secara berurutan pada titik-titik pengaman (quickdraw).

e. Lead Mapala Putra

Berupa kompetisi yang dalam kategori ini dapat diikuti oleh mahasiswa pecinta alam putra se-Jawa Timur. Dalam kompetisi ini diawali dengan melakukan pemanjatan dari bawah (leading) hingga batas kemampuan peserta, peserta akan diamankan dari bawah menggunakan sistem belay, dan peserta harus mengaitkan pengaman secara berurutan pada titik-titik pengaman (quickdraw).